5 Dampak negatif minum sambil berdiri

5 Dampak negatif minum sambil berdiri yang jarang di ketahui banyak orang. Minum sambil berdiri banyak di lakukan orang saat kegiatan yang super sibuk. Dengan minum sambil berdiri maka bisa menghilangkan kehausan dan sambil bergerak melakukan aktifitas. Tapi sebenar nya ada kesalahan fatal dalam melakukan minum sambil berdiri. Karena bisa menyebabkan kondisi gangguan pada organ-organ tertentu. Jika di lakukan dalam jangka panjang dan terus menerus maka penyakit bisa timbul dari kebiasaan minum sambil berdiri.

Berikut 5 Dampak negatif minum sambil berdiri :

1.Saraf menjadi tegang

Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegannya urat saraf. Saat kita beridiri, system urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga supaya terhindar dari segala penyakit.

2.Sakit perut

Ketika kita minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang bisa mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini mudah banget menyebabkan rasa nyeri di bagian perut.

3.Gangguan ginjal

Selain lambung, ginjal juga akan ikutan terganggu. Apalagai ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring. Minum sambil berdiri akan menyebabkan penyaringan nggak sempurna sehingga merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

4.Asam Lambung

Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Akibatnya asam dalam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Minum sambil berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam perencanaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung bisa berbahaya bagi system pencernaan lainnya.

5.Penyakit Arthritis

Penyakit arthritis bisa terjadi karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi. Ini bisa memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga bisa terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis bisa mempersulit penderitanya untuk bergerak bebas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *